07 May 2019

Karena Tidakmu


Karena tidak mungkin untuk mengubah masa lalu, saat kau berpikir hal itu.. kau berhasil mengubahnya. Dan kau akan sadar bahwa kau masihlah dirimu yang sama".

Semua orang memiliki masa lalu, kita sebagai manusia tidak bisa luput dari kegagalan dan kesalahan karena kita bukan Tuhan. Kita bisa belajar dari masa lalu dan kita hidup untuk memperbaiki kegagalan di masa lalu. Nabi Adam pun hidup di dunia karena untuk memperbaiki masa lalu, karena Nabi Adam mengambil buah quldi di surga dia di turunkan ke bumi dan merasakan hidup untuk masa lalu. 

Kerena kejadian itu, kita manusia hidup di bumi, kita pun demikian di dunia pasti merasakan kegagalan di masa lalu dan kita tidak bisa lari dari kenyataan tersebut. Rasanya ingin sekali kita memperbaiki masa lalu yang jika tidak di selesaikan hati kita merasa ganjal, bahkan membuat kita bisa gila. Seperti pemilu gagal berakhir di rumah sakit jiwa, gagal nikah berakhir bunuh diri, masih banyak contoh kegagalan yang membuat jiwa kita menyerah dan membuat diri memilih tidak hidup untuk memperbaiki kegagalan, karena kegagalan pasti kita alami. 

Maka saran saya bertemanlah dengan kegagalan karena jika kita berteman dengan kegagalan membuat jiwa kita familiar dengan kegagalan, sehingga kita bisa hidup bersama dengan masa lalu, dan bisa berusaha merubah masa lalu. maksudnya merubah di sini yaitu merubah persepsi kita akan kegagalan, contoh kita bisa merubah kegagalan masa lalu menjadi sebuah guru yang mengajari kita agar lebih baik di masa depan. Kita juga bisa merubah kegagalan masa lalu menjadi kenangan yang dapat menuntun kita agar tidak masuk di lubang yang sama.

Penulis : Riskipiopio
 

Baca juga :

Komen dong
EmoticonEmoticon